Jumat, 16 November 2018

URBANISASI

اَلسَّلاَ مُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ


what's up classy people ?

Nah disini saya akan memberikan sedikit pengetahuan lagi nih.. biasanya kan lab lab... nah sekarang materi nih..

Jadi sekarang saya akan memberitahu pengertian dari Urbanisasi, langsung saja scroll :)

                            ----------------------------------------------------------------------------------

                     Saat ini banyak sekali faktor yang mengharuskan perpindahan penduduk dikarenakan minimnya lapangan kerja di daerah pedesaan dan kemudian istilah URBANISASI muncul.

PENGERTIAN URBANISASI
            Lalu apa sih urbanisasi itu ?, urbanisasi adalah perpindahan penduduk desa ke daerah perkotaan. Dan bisa diartikan juga perpindaah penduduk yang asalnya dari desa atau pedesaan menuju ke kota atau perkotaan dengan tujuan untuk mencari pekerjaan dan bisa juga untuk menetap di kota atau perkotaan.
            Sedikitnya lapangan kerja dan juga fasilitas terbatas yang didapatkan oleh desa atau pedesaan menjadi faktor pemicu terjadinya urbanisasi dikarenakan kurang meratanya pembangunan dan lain lain yang dapat menambah memicu hal ini terjadi.

·         KEUNTUNGAN URBANISASI
1.      Dapat memodernisasikan warga desa
Yang dimaksud adalah warga desa yang tadinya hanya terpaku oleh kehidupan sehari hari mereka kini dengan urbanisasi dapat menjadikan warga desa menjadi lebih modern dengan tahunya atau paham akan majunya kehidupan di daerah perkotaan.
2.      Menambah pengetahuan warga desa
Lalu warga desa yang memiliki pengetahuan sangat minim sekarang dapat mempunyai pengetahuan yang lebih dengan urbanisasi.
3.      Mengimbangi masyarakat kota dengan masyarakat desa
Dikarenakan mau tidak mau warga desa harus menyesuaikan kehidupannya dengan warga sekitar yang sudah tidak seperti warga pedesaan lagi melainkan sudah maju atau seperti warga perkotaan.
·         KERUGIAN URBANISASI
1.      Terbentuknya suburb di pinggiran kota
Suburb adalah tempat tempat pemukina baru dipinggiran kota, dampak negatifnya adalah tata letak kota menjadi semakin tidak karuan.
2.      Makin meningkatnya Tuna Karya
Semakin banyaknya penduduk desa yang datang ke daerah perkotaan akan menyebabkan lapangan pekerjaan habis di daerah perkotaan dan ini menimbulkan banyaknya orang orang yang tidak punya pekerjaan tetap hanya bisa berdiam diri dan tinggal di daerah perkotaan tanpa menghasilkan apa apa untuk daerahnya dan dapat juga bila penduduk desa datang ke daerah perkotaan tanpa adanya pengetahuan untuk terjun ke dunia kerja dan menjadikan dirinya terbengkalai di daerah perkotaan dikarenakan tidak ada pekerjaan yang bisa ia tangani.
3.      Lingkungan hidup tidak sehat dan menimbulkan kerawanan sosial dan kriminal
Semakin banyanknya tuna karya yang menetap di daerah perkotaan menjadikan penduduk atau ubanisan berfikir bagaimana cara ia bertahan hidup di daerha perkotaan, salah satu jalannya adalah untuk berbuat kriminal agar dapat bertahan hidup dikarenakan tidak adanya kelebihan yang ia miliki untuk terjun ke dunia kerja.

FAKTOR FAKTOR YANG MENDORONG URBANISASI
            Ada dua macam faktor yang menjadi pendorong adanya urbanisasi, yaitu faktor dari desa dan faktor dari kota, berikut adalah penjelasannya :
1.      FAKTOR DARI DESA
o   Jumlah lapangan kerja di desa masih sangat sedikit bahkan masih sangat terbatas bagi warga desa sehingga warga desa mau tidak mau harus pindah ke daerah perkotaan agar dapat pekerjaan tetap.
o   Fasilitas desa yang belum memadai juga menjadi salah satu faktornya, dapat berupa pendidikan, transportasi umum bahkan juga kesehatan dan lain lain. Dikarenakan fasilitas yang belum memadai, warga desa biasanya pindah ke daerah perkotaan agar mendapatkan fasilitas yang memadai bagi keluarganya.
o   Gaji yang didapatkan dari pekerjaan di desa sangat rendah dan biasanya pekerja atau warga pindah ke daerah perkotaan untuk mencari dan bekerja di kota agar dapat gaji yang dapat memenuhi kebutuhan mereka
2.      FAKTOR DARI KOTA
o   Jumlah lapangan kerja di perkotaan sangatlah banyak, ini menjadikan warga desa tergiur untuk berpindah tempat untuk mendapatkan pekerjaan tetap .
o   Fasilitas di daerah perkotaan sudah sangatlah maju dan ini juga menjadikan warga desa untuk berpindah agar ia atau keluarganya dapat memanfaatkan fasilitas yang mudah dan sudah maju agar hidupnya semakin sejahtera
o   Lalu gaji dari pekerjaan yang ada di daerah perkotaan sudah sangatlah besar dibandingkan di daerah pedesaan, dan ini juga menjadi salah satu faktor urbanisasi warga atau pekerja desa untuk mendapatkan gaji yang cukup.

DAMPAK URBANISASI
            Dampak terjadinya urbanisasi memberikan dampak positif dan dampak negatif untuk tempat yang di tinggalkan dan juga tempat yang akan di datangi :
1.      DAMPAK BAGI DAERAH YANG DITINGGALKAN
o   DAMPAK POSITIF
§  Dapat mendorong kemajuan dan pembangunan desa dikarenakan penduduk pedesaan sudah mengetahui bagaimana kemajuan di daerah perkotaan.
§  Dapat mengurangi jumlah penduduk dan juga pengangguran di desa, jika desa itu memiliki penduduk yang sangat padat
o   DAMPAK NEGATIF
§  Desa akan kehilangan penduduk dan juga tenaga kerja yang berkualitas
§  Produksi pertanian akan menurun karena banyak tenaga kerja yang pindah
§  Tenaga kerja di desa akan berkurang, khususnya untuk mengelola pertanian

2.      DAMPAK BAGI DAERAH YANG DIDATANGI
o   DAMPAK POSITIF
§  Tenaga kerja dapat terpenuhi
§  Sumber daya manusia yang berkualitas akan semakin banyak
§  Dapat mempercepat pembangunan kota bila banyak sumber daya manusia yang berkualitas
o   DAMPAK NEGATIF
§  Kepadatan penduduk akan menjadi masalah utama bagi pemerintah kota dan harus segera ditangani agar tidak terjadi penumpukan urbanisan
§  Semakin banyak nya pengangguran yang ada di daerah perkotaan
§  Kemacetan dan masalah sosial akan meningkat
LALU APAKAH DAERAH BEKASI TERMASUK KE DALAM DAFTAR TEMPAT UNTUK URBANISAN DATANG DAN MENETAP ?
            Daerah bekasi menjadi salah satu daerah bagi warga pedesaan untuk berpindah dan menetap dikarenakan jika mereka pindah ke daerah Jakarta akan menambah masalah sosial dan warga desa sudah bisa untuk mengatasinya dan mereka berpindah ke tepian atau pinggiran jakata. Bekasi menjadi salah satu alternatifnya dikarenakan lapangan kerja yang juga masih banyak dan lahan yang dapat ditinggali masih banyak. Tetapi dampak dampak yang ditimbukan juga semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu karena terus menerusnya warga desa berpindah ke daerah bekasi.






Oke Classy People

Itu saja untuk materi nya... Mohon maaf bila ada salah salah kata... jika ada yang ditanyakan kalian dapat bertanya di kolom komentar dibawah dan admin dengan senang hati akan menjawab pertanyaan kalian :) .... Sign Out.





وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar