Sabtu, 09 Mei 2020

Pengenalan Internet & Jaringan


TUGAS V-CLASS PENGANTAR WEB SCIENCE #

Pengenalan Internet & Jaringan


1. Contoh penerapan & alur penggunaan dari E-mail dan Teleconference/Teleseminar :

A. E-mail
E-Mail atau surat elektronik adalah suatu sarana untuk mengirim dan menerima surat atau pesan dengan format digital melalui jalur jaringan komputer dan internet.

a. Penerapan dari E-mail adalah sebagai berikut:
• Sebagai identitas diri secara personal
Layanan seperti jasa keuangan digital, pembelian buku daring, sampai aktivasi telepon genggam sering kali menggunakan sarana email untuk memverifikasi identitas penggunanya.
• Alat untuk mendaftarkan diri di berbagai situs dan media sosial
Hampir semua pendaftaran akun media sosial seperti ini membutuhkan alamat email. Setelah melakukan pendaftaran, biasanya Anda akan menerima email yang dikirim dari pihak media sosial tersebut untuk mengonfirmasi kebenaran alamat email yang didaftarkan.
• Email sebagai media promosi
Biasanya, pebisnis mengumpulkan alamat email pelanggannya melalui layanan berlangganan newsletter yang ada di dalam halaman website-nya. Dengan menggunakan layanan email jenis marketing, kegiatan promosi akan semakin optimal.
• Sebagai layanan berbagi pesan teks, suara, video dan grafis
Sebagaimana tujuan dari diciptakannya E-mail, layanan internet yang satu ini dapat digunakan untuk berbagi pesan teks, suara, video dan grafis. Atau kita bisa sebut dengan surat elektronik.

b. Alur Penggunaan dari E-Mail adalah sebagai berikut :
• Setelah anda mengetikkan email dan mengirimkannya ke alamat yag dituju, server akan mengidentifikasi alamat yang dituju.
• Setelah alamat penerima email ditemukan, server akan men irimkan pesan kepada server email Pesan yang dikirim akan tersimpan di server email penerima sampai pengguna membukanya sendiri.
• Setelah pengguna email menyadari dan membuka pesan baru tersebut, aplikasi email akan mengunduh pesan yang tersimpan di dalam server ke dalam komputer.
• Setelah proses ini selesai, pengguna bisa membaca isi pesan yang sudah dikirim tersebut.



B. Teleconference/Teleseminar
Telekonferensi adalah pertemuan atau percakapan berbasis elektronik secara langsung (live) di antara tiga atau lebih partisipan manusia atau mesin yang dihubungkan dengan suatu sistem telekomunikasi.
a. Penerapan dari Teleconference/Teleseminar adalah sebagai berikut :
• Berkomunikasi jarak jauh
Layanan Teleconference/Teleseminar diciptakan untuk berkomunikasi jarak jauh.
• Mempersingkat waktu dan menghemat biaya pertemuan
Mempersingkat dan menghemat seperti contoh disaat meeting atau interview agar tidak menghabiskan waktu dan biaya saat perjalanan.
• Meminimalisir kontak langsung
Seperti saat ini, tujuan teleconference adalah untuk menghindari wabah yang ditularkan dari manusia ke manusia secara fisik dengan cara tidak bertemu secara langsung.

b. Alur penggunaan dari Teleconference/Teleseminar adalah sebagai berikut :
Cara kerja teleconference adalah proses penerimaan seperangkat sinyal audio telepon dari conference subnodes. Sinyal audio telepon tersebut kemudian berkorespondensi dengan penerima panggilan telepon sehingga menghasilkan keluaran seperangkat sinyal audio telepon dari semua sinyal audio telepon yang diterima, lalu mentransmisikan seperangkat sinyal tersebut ke conference subnodes. Untuk penerimaan sinyal video ataupun grafis kurang lebih sama.



2. Contoh jaringan LAN yang ada pada pemerintahan
Pada artikel teknologi.bisnis.com yang berjudul “Pemerintah Kabupaten Biak Numfor Pasang Jaringan Internet LAN”, 2018. Pemerintah Biak memasang jaringan Internet yang diakses menggunakan sistem Local Area Network (LAN) untuk semua organisasi perangkat daerah (OPD) pemerintah setempat. Dapat disimpulkan bahwa jaringan LAN yang dipakai ini bertujuan untuk bisa mengakses data dari komputer lain (data-sharing) dan juga untuk menjalankan hardware salah satunya adalah printer, serta untuk mengamankan dan menyimpan data data maupun informasi penting dari dari berbagai satuan OPD di lingkungan Pemkab Biak Numfor.

Kelebihan dari LAN yang digunakan : 
• Dapat mudah mengkakses data/informasi maupun berkomunkasi software/hardware antar komputer dari jarak yang jauh
• Informasi dan data penting dapat aman dikarenakan akses yang terbatas hanya untuk pemerintahan setempat

Kekurangan dari LAN yang digunakan : 
• Dikarenakan LAN hanya dibuat dengan terbatas, data tidak bisa diambil oleh pemerintah pusat maupun nasional secara otomatis.
• Data sharing dan akses hardware yang mudah melalui LAN jika security atau keamanan yang kurang, maka Jaringan LAN dapat diakses dengan mudah oleh orang luar pemerintahan.












DAFTAR PUSTAKA

https://salamadian.com/pengertian-email-surat-elektronik/

https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/internet/pengertian-email.html

https://pelayananpublik.id/2020/03/28/pengertian-telekonferensi-atau-teleconference-tujuan-keuntungan-dan-jenisnya/

https://teknologi.bisnis.com/read/20180527/101/800158/pemerintah-kabupaten-biak-numfor-pasang-jaringan-internet-lan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar